KTP adalah syarat utama untuk
pembuatan surat2 yang lain… seperti. ATM, BPJS, SIM, hutang BANK..dll… jadi
intinya untuk mengurus surat2 yang lain harus punya KTP dahulu… kalau hilang
bagaiman??entah jatuh di jalan, kecopetan, lupa naruh… dll. Jawabannya ya harus
buat lagi.
![]() |
| KTP-El |
Disini saya akan share tentang
mengurus membuat KTP yang hilang seperti yang saya alami, untuk pelayanan
pembuatan KTP harus sesuai di DISDUKCAPIL alamat KTP aslinya. Kalau saya di KLATEN
berarti ya harus di DISDUKCAPIL KLATEN. Sebenarnya langkah/tahapnya simple…
yang agak susah emang antrian yang sangat panjang. Jadi kalau mau mengurus KTP
harus datang pagi- pagi banget agar dapat nomor antrian yang kecil…. Pengalaman
saya jam 8 pagi sudah dapat nomor antrian 140-an.. sungguh terlalu kan?..
Oke berikut syarat membuat KTP
baru karena hilang :
- · Surat kehilangan dari kepolisian
- · Kartu keluarga
- · Udah Cuma 2 itu aja…
Langkah pertama adalah mendapat
nomor antrian yang biasanya dijaga satpam .. ambil aja nomor antriAN,,, semoga
dapat nomor kecil ya,,,,kemudian nunggu aja sampai dipanggil ke loket yang
ditunjuk… ada nomor antrian tipe A B dan C.. tinggal lihat aja nomor antrian
paragaduh… kalau sudah dipanggil silakan maju dan serahkan nomor antrian dan
syarat tadi (surat kehilangan dan KK), dan jelaskan yang mau buat baru atas
nama siapa….
![]() |
| Nomor Sebelum Pemanggilan |
Kemudian petugas akan memberi nomor
antrian tadi untuk pengambilan KTP.. jadi nomor antrian jangan sampai hilang….
Kalau paragaduh kelamaan nunggu dan pengen cepet pulang karena rumahnya jauh…
ya tinggal aja.. mau d ambil besok bisa .. sorenya juga bisa…tapi kalau
rumahnya jauh ya ditunggu saja.. ya kira2 45 menit sudah jadi pasca pemanggilan…
setelah menunggu biasanya akan ada KTP yang sudah jadi nanti paragaduh akan
dipanggil dan serahkan tuh nomor antrian.. selamat KTP-el baru dah jadi… simple
..
![]() |
| Sesudah Pemanggilan |
Pengalaman gaduh sih datang jam
08.00 pulang jam 09.00 dah dapat KTP baru…. Dan satu lagi .. pelayanan
pembuatan KTP-el semuanya gratis tiss
tiss…. Ya kalau diurus sendiri.. kalau paragaduh males ngurus bisa koq diurus
oleh penjual jasa pembuatan KTP el… yang penting upah dan uang bensin aja…
Mereka bukan calo tetapi menjual
jasa.. dah gitu aja.. karena siapa yang mau antri sampai berates ratus tanpa
dibayar…nothing.
![]() |
| Himbauan Surat Kuasa Bermaterai 6000 |
Untuk yang menggunakan jasa ini
maka harus membuat surat kuasa bermaterai 6000 dengan ditandatangani atas nama
pemohon KTP dan kepala desa… semua legal.. jadi slow aja..
Trus biayanya berapa? Ya terserah
paragaduh mau ngasih berapa… uang bensin+ jasa.. jasa klo g salah 30-40 ribu
tinggal ditambah uang bensin aja.. sok silakan mencoba.




0 comments:
Posting Komentar